Pengertian Hacker

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian hacker. Pengertian hacker sendiri diambil dari arti hacker secara terminologi yang berarti “peretas”.

Aktivitas yang dilakukan oleh seorang hacker adalah mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer atau jaringan komputer. Aktivitas tersebut didasarkan untuk mencari keuntungan atau hanya karena tertantang untuk menguji sekuriti jaringan.

Di era 1980 an, pengertian hacker selalu berarti negatif. Hal ini disebabkan karena aktivitas hacking diarahkan pada pembobolan jaringan komputer milik pemerintah.

Pengertian Hacker menjadi negatif karena  masyarakat salah paham tentang perbedaan istilah hacker dan cracker. Masyarakan menganggap bahwa pengertian hacker adalah orang yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lain-lain. Padahal orang yang melakukan itu disebut cracker.

Para hacker tidak setuju jika dikatakan sebagai perusak sistem. Mereka juga tidak setuju jika bahwa aktivitas yang hanya menerobos keamanan dapat dikategorikan sebagai hacker. Kelompok hacker menganggap cracker sebagai pemalas yang tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas.

Jadi, pengertian hacker tidaklah berkonotasi negatif. Pengertian hacker sangat berbeda dengan cracker. Dari perbedaan pengertian itulah muncul istilah White Hat Hacker (sebutan untuk hacker murni) dan Black Hat Hacker (sebutan untuk Cracker).

Uphy

Author at NoDade
Menyukai aktivitas blogging tapi jarang blogwalking. Saat ini sedang iddle dalam menulis tapi masih tetap menjadi kontributor artikel di Latihan Soal Fisika dan Online Earning Blog

Latest posts by Uphy (see all)

Comments

  1. Ya begitulah. kebanyakan bagi orang awam salah persepsi
    krazone recently posted…Tips tepat dalam memilih pekerjaan yang cocokMy Profile

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge