Macam macam saklar listrik

Kita sudah tidak asing lagi dengan aksesoris listrik kan. Karena kita sudah hidup tergantung dengan listrik. Untuk menerangi penglihatan saja memerlukan lampu di Rumah kita. Untuk menyalakan Lampu di rumah pasti dengan menggunakan saklar,. Tapi apakah anda punya pengetahuan mengenai saklar yang banyak tersedia di toko toko elektronik baik online atau offline jual saklar listrik dan aksesoris listrik lainya yang sangat mudah kita dapatkan.

Pada setiap rumah pasti memiliki saklar. Salar yang dimaksudkan disini adalah sesuatu alat yang berhubungan dengan listrik dimana saklar berfungsi untuk pemutus serta penghubung aliran listrik. Walaupun saklar dimana saklar berfungsi sebagai pemutus dan penghubung aliran listrik. Walaupun saklar dikatakan tidak memiliki bentuk yang tidak besar, tetapi sakalar memiliki 2 logam yang bisa dihubungkan atau dipisahkan kedalam ON atau sambung dan OFF atau putus.

Macam macam Saklar

  • Saklar tunggal

Saklar ini adalah saklar yang paling banyak ditemukan pada setiap rumah dan juga yang lainnya seperti hotela ataupun appartement. Fungsi dari saklar ini adalah untuk menghidupkan dan mematikan lampu. Saklar ini dikatakan memiiki sebuah tuas hanya dalam sekali tekan dapat mematikan lampu.

  • Saklar Seri

Saklar seri ini adalah sakalar yang memiliki dua saklar tunggal secara seri. Dengan adanya saklar ini, bisa menghiduokan lebih dari sayu buah lampu dengan bersamaan.

  • Saklar Kutub 2

Saklar kutub 2 adalah salah satu jenis saklar listrik yang berfungsi sebagai penghubung atau memutuskan aliran listrik. Ini merupakan saklar yang mudah ditemukan pada papan hubung bagi (PHB) 1 fasa (Phase ) . pengunaan saklar jenis ini biasanya pada ruangan lembab dan basah.

  • Saklar Tukar

Guna dari saklar ini dapat difungsikan dalam menghidupkan serta mematikan lampu dari tempat yang berbeda, begitu juga saklar tersebut juga bisa menyalakan beberapa buah lampu secara bergantian.

Cara Kerja saklar listrik

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas. Bahwa dikataka saklar mempunyai logam yang dihubungkan ke rangkaian eksternal. Apabila logam dihubungkan, ini akam mengalirkan arus listrik ke dalam rangkaian. Dan sebaliknya, apabila logam ersebut dipisahkanm ina kam menyebabkan putusnya arus listrik.

Saklar yang biasanya digunakan oleh banyak masyarakat adalah saklar yang memiliki beberapa pasang kontak listrik dimana setiap pasang kontak yang masing masingnya memiliki keadaan atau state dan kedua keadaan tersebut adalah Close atau tutup dan Open atau buka. Pada keadaan tersebut arti dari Close adalah aliran listrik yang tersambung dan Open adalah aliran listrik yang terputus atau pemutusan aliran listrik.

Dari adanya keadaan tersebut , umumnya saklara menggunakan beberapa istilah Normally Open ( NO ) pada kondisi awal saklar dengan keadaan terbuka atau open.  Apabila ditekan , maka Normally Open ( NO) akan mengubah keadaan menjadi tertutup atau close. Dan NC atau normally close merupakan saklara dimana kondisi awalnya dengan keadaan tertutup atau close . Dan NC atau normallu Close merupakan saklar dimana kondisi awalnya dengabn keadaan tertutup atau Close kemudian akan berubah keadaan menjadi terbuka tau Open apabila ditekan.

Wakaupub saklar memiliki banyak jenis dab banyak yang jual saklar listrik. Tetapi fungsi saklar yang paling umum dimana saklar sebagai penghubung dan pemutus aliran listrik dapat menambah pengetahuan baru buat anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *