Ini Dia Ciri-Ciri Kopi Luwak Asli

Ketika membeli kopi luwak lebih baik kita ketahui dulu ciri-ciri kopi luwak asli. Tentu kita tidak mau tertipu dan akhirnya membeli kopi luwak yang ternyata palsu. Apalagi seperti yang kita ketahui harga kopi luwak cukup mahal. Karena harganya yang mahal kita tidak bisa menikmati kopi luwak setiap saat. Jangan sampai sekalnya beli kopi luwah, eh ternyata palsu.

Karena harga kopi luwak yang relatif mahal jika dibanding dengan kopi reguler lainya ini, maka tidak mungki kopi luwak di jual sachet instan dengan harga seribuan. Bisa dipastikan bahwa kopi instan bermerek kopi luwak itu bukan kopi luwak asli alias kopi luwak palsu. Jadi jangan pernah ngaku kamu minum kopi luwak kalau yang kamu beli kopi sachet instan.

Umumnya ciri-ciri kopi Luwak asli bisa kita lihat dalam berbagai hal. Mulai dari bentuk, aruma, hingga rasa. Kita juga bisa mengidentifikasi atau mengenal bahwa itu adalah kopi luwak asli dari efek yang kita rasakan setelah menikmati kopi itu. Nah, berikut beberapa ciri-ciri kopi luwak yang asli.

  1. Green Bean agak Kekuningan-kekuningan hijau

Dari green bean nya saja sebenarnya kita sudah bisa melihat ciri-ciri kopi luak asli. Dari warna fisiknya saja kita subah bisa melihat apakah itu kopi luwak asli atau bukan. Green bean kopi luwak asli memiliki warna hijau agak kekuning-kuningan. Warnanya cenderung soft dan tidak pekat. Warna green bean yang hijau pekat malah bisa mengindikasikan kalau itu adalah kopi luwak palsu.

  1. Aromanya Kuat

Aroma kopi luak sangat kuat. Berbeda dengan kopi biasa yang kuatnya aroma tergantung cara penyeduhan, kopi luak asli pasti akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Ini disebabkan karena kopi luak yang telah terfermentasi di dalam perut luwak. Fermentasi ini memperkuat aroma yang dikeluarkan kopi luwak.

Selain itu, aroma yang kuat dari kopi luak bisa kita temukan baik di mentahannya seperti bubuk kopi, green bean, dan roasted (sangrai) maupun di hasil seduhannya. Wangi aroma kopi luwak juga bisa menyebar cukup luas. Jadi untuk menikmati aromanya, tanpa terlalu mendekatkan hidung ke kopi saja kita sudah dapat mencium samar aroma khasnya. Kita baru perlu mendekatkan hidung untuk menikmati aroma tesebut dengan lebih seksama.

  1. Krim Putih di Seduhannya

Ciri lain yang bisa kita perhatikan adalah dengan melihat seduhan kopi luwak. Seduhan kopi luwak asli memiliki semacam krim putih yang mengambang diatasnya. Krim putih itu akan tetap muncul tanpa kita mencampurkan kopi luwak asli dengan bahan lainnya. Sekilas krim putih itu terlihat mirip dengan krim esspresso, tapi dengan jumlah yang jauh lebih sedikit.

  1. Rasanya Kuat

Rasa yang dimiliki kopi luwak asli sangatlah kuat, bahkan jauh lebih kuat daripada kopi biasa. Tidak bisa dipungkiri lagi, selain karena aromanya, rasa yang kuat ini menjadi daya tarik utama kopi luwak. Maka ciri yang satu ini patut mendapat perhatian khusus. Rasanya tidak hanya kuat saat diminum, tapi juga bertahan lama. Bahkan kita masih bisa merasakan sensasi yang ditinggalkan rasa kopi luak lebih dari 30 menit setelah meminumnya.

Selain itu, ingat lah bahwa sampai dengan saat ini tidak ada kopi luwak yang dijual dalam kemasan sachet instan. Pasalnya, harganya yang sangat mahal tentu menjadikan kopi luwak memiliki nilai yang tinggi. Sehingga tidak mungkin ada di berbagai warung dengan harga seribuan. Tentu hal itu menandakan, kopi luwak yang Anda beli adalah palsu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *