Urutan Memilih Susu Balita Terbaik Sesuai Umur

Hasil gambar untuk http://www.nutriclub.co.id/products/

Berapa banyak artikel yang membahas dan menyebutkan merek susu balita terbaik tertentu yang sudah kamu baca? Kita memang dibuat kebingungan dengan banyaknya merek susu balita yang beredar di pasaran. Dari yang memiliki kandungan A sampai Z, ada semua. Dari yang harganya ribuan hingga ratusan ribu juga ada. Tinggal kita pilih saja mana yang menurut kita terbaik.

Memang bukan pekerjaan mudah memilih susu balita yang terbaik bila kita tidak punya pengetahuan dan dasar yang baik dalam memilih. Padahal ada suatu urutan tertentu bila kita ingin memilih susu balita yang paling tepat. Susu balita yang tepat, bisa kita berikan berdasarkan umur dan kesiapan pencernaan anak. Tidak boleh susu balita diberikan secara sembarangan. Takutnya pencernaan anak belum siap menerimanya.

Tahapan Pemberian Susu

Yang terpenting, pada tahap pertama susu yang wajib diberikan pada anak berdasarkan kemampuan pencernaannya adalah ASI, baru selanjutnya pilih susu sesuai dengan kesiapan pencernaan. Kalau dibuat urut-urutan, berikut tahapan pemberian susu balita terbaik untuk anak.

  1. Pada tahap pertama, anak hanya boleh menerima ASI alias air susu ibu. Inilah minuman terbaik untuk anak. Jangan pernah percaya bila ada susu formula yang menyebutkan memiliki kandungan setara dengan Asi. ASI tidak akan pernah bisa disamakan dengan susu yang beredar di pasaran.
  2. Berikutnya, pilihlah Susu murni pasteurisasi. Susu ini bisa menjadi pilihan tepat karena zat gizi yang rusak lebih sedikit, hal ini tentu saja tak lepas dari proses pengolahanya yang sangat singkat. Secara komposisi, susu ini juga mendekati komposisi yang ada pada susu yang diproduksi oleh sapi.
  3. Jika susu pasteurisasi tidak tersedia, selanjutnya, kamu bisa pilih susu UHT (Ultra High Temperature). Susu jenis ini cukup baik karena tidak memiliki bahan pengawet di dalamnya, tetapi ia memiliki kemampuan untuk bertahan di luar ruangan. sesuai kesiapan pencernaan, susu jenis ini ada baiknya diberikan pada anak di atas 5 tahun saja.
  4. Untuk anak di bawah satu tahun, sebaiknya jangan memilih susu murni. Sebab susu murni memiliki kandungan protein yang berbeda dnegan Air susu ibu. Jadi dilihat dari pencernaannya, anak belum siap. Tetapi kalau tetap ingin menggunakan susu murni, cobalah sedikit demi sedikit, biarkan pencernaanya terbiasa dulu. setiap kali mencoba, lihatlah reaksinya. Apkah anak mengalami perut kembung atau tidak. Kamu bisa periksa pupnya. Kalau tidak ada reaksi apa-apa, maka tidak masalah bila pemberian susu murni dilanjutkan.
  5. Tahapan berikutnya, kita bisa berikan susu bubuk, susu bubuk sebaiknya hanya diberikan pada anak jika memang susu segar tidak tersedia. hal ini karena ada perbedaan yang cukup signifikan pada susu bubuk. Susu bubuk banyak kehilangan nutrisi akibat proses pengeringan.
  6. Susu kental manis. Nah, tahap berikutnya bunda bisa berikan susu kental manis. Susu kenis ini sebaiknya menjadi pilihan terakhir., sebab dinilai dari kandunganya sangat berbeda dengan susu segar. Susu kental manis biasanya mengandung lemak dan gula yang tingi. Sementara untuk protein dan kalsium rendah.

Beberapa ahli kesehatan anak bahkan menyarankan untuk tidak minum susu kental manis. Lebih baik diganti dengan sumber protein lainya, bisa di dapat dari tahu atau tempe. toh ketika anak mengkonsumsi susu kental manis, biasanya pencernaan anak telah siap mengkonsumsi makanan lain. Jad itulah tahapan yang baik dalam memilih susu balita terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *