Obat Herbal Palsu Dapat Anda Ketahui Melalui Ciri-ciri Berikut


Jika dilihat semakin hari orang yang terserang penyakit tidak semakin berkurang, bahkan rumah sakit penuh dengan orang-orang yang berobat. Tetapi selain dari rumah sakit resmi beberapa masyarakat juga masih mempercayai penggunaan obat herbal , untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebagian masyarakat memang percaya bahwa obat yang terbuat dari bahan-bahan alami tersebut lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Berbeda dengan obat umum yang banyak beredar dipasaran merupakan racikan dari beberapa ramuan kimia. Kalau dilihat khasiat dari keduanya tentu sama-sama dapat menyembuhkan penyakit asalkan pemakaian tepat dan sesuai petunjuk.

Semakin kesini orang yang mempercayai obat-obatan herbal sebagai solusi mengatasi penyakit semakin banyak. Dan hal tersebut juga diimbangi dengan semakin gencarnya penjual ramuan herbal diberbagai daerah baik melalui toko online maupun secara langsung. Namun hal tersebut dijadikan oleh beberapa orang untuk mengambil keuntungan secara pribadi dengan melakukan cara yang tidak bertanggung jawab yaitu pengedaran ramuan herbal yang palsu. Hal itu tentunya dapat membahayakan bagi masyarakat yang sering menggunakannya untuk penyembuhan penyakit. Maka dari itu sebagai orang yang sering mengkonsumsi harus dapat memilih dan memilah obat mana yang resmi dan tidak membahayakan tubuh.

Jika salah saja dalam pemilihan tentunya akan berimbas pada kondisi tubuh, bukan lebih membaik tetapi malah memperparah. Berikut ini ada beberapa ciri ramuan herbal yang terdapat pada pasaran tetapi palsu atau ilegal, antara lain:

  1. Biasanya dari wujud obatnya saja sudah terlihat bahwa itu merupakan obat palsu dengan memperlihatkan warna yang lebih terang dari lainnya. Karena pada obat tradisional banyak sekali campuran atau ramuan alami yang kental dengan warna gelap, jadi kalau dijumpai obat herbal dengan warna yang lebih terang kemungkinan itu adalah obat palsu yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Dari kemasan bisa dilihat juga bahwa obat yang palsu tentunya tidak mempunyai label yang pas atau sesuai. Umumnya bisa dilihat dari tulisan, bentuk, gambar atau lainnya, mungkin tulisan tidak simetris lalu warna yang ada juga mudah sekali memudar.
  3. Memang untuk obat atau ramuan herbal jika diminum mempunyai reaksi yang cukup lama dari obat kimia. Namun, jika dilihat tidak terdapat reaksi apapun bisa dikatakan bahwa obat tersebut palsu atau ilegal.
  4. Jika dilihat untuk ramuan herbal memang harga terjangkau lebih murah dari obat kimia tetapi tidak mempunyai selisih yang jauh. Makanya kalau Anda menemui harga obat tersebut sangat murah kemungkinan besar itu merupakan obat palsu.
  5. Dalam pembuatan ramuan untuk kesehatan tentu banyak keterangan yang dimuat dalam kemasannya begitu juga dengan tanggal pembuatan maupun tanggal kadaluarsa. Dari hal tersebut jika diketahui tidak terdapat informasi tersebut pada kemasan dan itu memungkinkan merupakan produk palsu.
  6. Seseorang dalam mendirikan sebuah usaha tentu harus mendapatkan ijin dari pemerintah begitu juga saat mengeluarkan produk seperti obat. Jadi setiap kemasan ada nomor ijin dari dinas kesehatan setempat yang memberikan saat pendaftaran. Misalnya menemukan ramuan herbal yang tidak terdapat informasi tersebut bisa dipastikan produk tidak jelas dan tidak berizin.
  7. Yang paling jelas terlihat itu adalah bahasa pada informasi di label ataupun mana perusahaan yang mengeluarkannya. Jika dalam kemasan obat herbal tersebut tidak ditemukan tentunya obat tidak dapat dipercaya. Walaupun itu merupakan salah satu hasil produksi usaha kecil tetap akan tertera nama pabrik dan juga nomor perijinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *