Cara Menjaga Kebersihan dan Merawat Piano

Piano adalah sebuah alat musik yang bisa menjadi sensitif dan memiliki suara yang tidak baik jika tidak dirawat dengan baik. Untuk menjaga piano tetap memiliki suara yang baik, Anda harus merawat piano yang Anda miliki. Walaupun tidak sering digunakan, piano dapat memiliki suara yang tidak baik karena berbagai macam sebab. Berbagai sebab tersebut diantaranya adalah karena kondisi piano yang kotor dan tidak dibersihkan secara berkala. Selain itu, kondisi kelembaban suatu ruangan juga dapat menyebabkan piano menjadi lembab dan membuat suara piano tidak sempurna. Adanya hal yang menyebabkan getaran pada piano juga menyebabkan piano memiliki suara yang kurang baik misalnya karena dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain, dan sebagainya.

Cara Merawat Piano

Untuk merawat piano dan membersihkan piano sebenarnya ada beberapa cara yang cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Memang untuk perawatan seperti tuning dan scaling, membutuhkan jasa teknis yang sudah ahli, namun, untuk sekadar merawat sehari-hari, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang sudah penasaran, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Lap piano setelah digunakan

Salah satu cara termudah merawat piano yang dapat Anda lakukan sehari-hari adalah mengelap piano setelah digunakan. Hal ini untuk mencegah debu dan berbagai hal lain yang menempel pada piano dan dapat menyebabkan suara piano tidak sempurna. Debu yang menumpuk dan tidak dibersihkan dapat masuk ke dalam organ piano. Anda bisa menggunakan lap basah dan lap kering untuk menghilangkan debu dan kotoran setiap selesai menggunakan piano.

  1. Meletakan piano di tempat yang tepat

Memperhatikan peletakan piano dapat menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena piano sangat rentan terhadap suhu dan kelembaban ruangan. Mengapa demikian? Piano disusun dari bahan kayu dan besi yang sangat sensitif terhadap suh dan kelebaban, ruangan yang terlalu lebab akan mempengaruhi suara piano yang dihasilkan. Menempatkan piano di ruangan dengan pendingin ruangan yang dapat diatur suhunya dapat menjadi salah satu solusi untuk merawat piano Anda tetap memiliki suara yang baik.

  1. Tuning

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kegiatan ini harus dilakukan oleh para ahli. Namun, jika Anda memiliki kemampuan mengenali nada yang tinggi, Anda bisa melakukan tuning sendiri agar piano Anda memiliki nada yang sempurna. Melakukan tuning dapat dilakukan secara berkala setiap 3 atau 6 bulan sekali agar suara piano Anda tetap stabil.

Membersihkan dan merawat piano dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Kuncinya adalah konsisten membersihkan. Karena sering kali kita malas membersihkan piano kita karena tidak memiliki cukup waktu dan sebagainya. Mulai rawat piano Anda agar dapat menghasilkan suara yang sempurna.

Sumber: http://petrofpianogaleri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *