Tips Bikin Menu Puasa Saat Menjalani Program Diet

Menjalani program diet saat bulan puasa bukan berarti kamu tidak bisa mengkonsumsi berbagai makanan kesukaanmu. Ingat bahwa diet bukan mengurangi makanan tetapi mengganti makanan yang lebih baik dan berkualitas sehingga nutrisi dan kalori tubuh tetap terjaga. Jadi meski berpuasa kamu juga harus melengkapi kebutuhan tubuh dengan beragam menu sehat dan bergizi. Jangan memperbanyak makan saat sahur dan saat berbuka. Kemudian agar program diet kamu lebih teratur dan berhasil maksimal sebaiknya ikuti beberapa tips untuk membuat menu diet saat sahur dan berbuka puasa.

Berbuka Puasa Dengan yang Manis

Hal pertama yang dapat kamu lakukan saat berbuka puasa adalah memulainya dengan mengkonsumsi menu sehat yang manis seperti kolak, ubi rebus, kurma, jus buah, atau air kelapa. Berbagai menu ini juga seringkali menjadi makanan utama saat puasa. Oleh sebab itu kamu bisa memanfaatkan nya sebagai menu diet saat puasa. Selain membuat perut cepat kenyang, jenis makanan ini memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini beberapa menu manis yang dapat kamu konsumsi saat puasa.

Buah Kurma

Selain rasanya yang manis, buah kurma sangat cocok disantap saat berbuka puasa dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah kurma mengandung protein hingga 2,5 g dan banyak sekali vitamin mulai dari Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12, Kalsium, Zat Besi dan Magnesium. Mengkonsumsi tiga buah kurma dipercaya bisa membuat perut kenyang selama 5 jam. Selain itu banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan yakni menghindari anemia, menjaga kesehatan jantung, membersihkan sisa makanan dalam usus, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Ubi – ubian

Banyak sekali ubi – ubian yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa seperti ubi jalar dan ubi kuning. Ubi jalar mengandung serat yang tinggi serta kaya akan air. Disamping itu ubi jalar juga rendah akan kalori dan mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Itulah sebabnya ubi sering dijadikan cemilan dalam program diet karena cukup lama mengenyangkan perut. Selain bermanfaat ubi juga mudah diolah menjadi berbagai menu yang menggoda selera.

Ubi jalar sangat dikenal mengandung jumlah beta karoten yang tinggi. Zat beta karoten merupakan zat antioksidan alami yang meningkatkan ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan Fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk melawan infeksi.

Air Kelapa

Kurang lengkap rasanya jika sajian buka puasa tidak ada air kelapa segar. Selain buahnya yang banyak diburu untuk berbagai olahan makanan, air kelapa juga berguna untuk mendukung program diet kamu apalagi saat menjalani puasa. Oleh sebab itu, buah kelapa wajib sekali kamu konsumsi selama puasa.

Air kelapa memiliki kandungan bergizi seperti Vitamin C, Asam Nikotinat, Asam Pantotenat, Biotin, Riboflavin dan juga Asam Folat. Berbagai kandungan ini memiliki manfaat untuk tubuh kita seperti menghilangkan dehidrasi, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan nutrisi pada kulit, dan juga menjaga kesehatan ibu hamil.

Menu Sahur dengan Aneka Sayur dan Buah

Jangan biarkan kebutuhan nutrisi berkurang hanya karena salah konsumsi dalam menu sahur. Nah agar kebutuhan gizi tetap seimbang, cobalah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup. Kamu bisa mengolahnya menjadi sebuah menu yang lezat dan mengenyangkan. Berikut ini beberapa contoh makanan yang dapat kamu ciptakan dari aneka sayur dan buah segar.

Sayur Capcai

Membuat menu sayur capcai tidaklah rumit, kamu hanya membutuhkan beragam sayuran dan sedikit bumbu. Umumnya menu ini juga hanya menggunakan sedikit minyak dan dapat dikonsumsi setengah matang agar kandungan gizi sayur tetap terjaga. Menu lezat ini juga bisa kamu padukan dengan menu lainnya.

Sup Aneka Buah

Banyak sekali aneka buah yang bisa dijadikan olahan lezat serta menyegarkan saat berbuka puasa. Salah satunya adalah sup buah. Untuk mengolahnya, kamu bisa memadukan beragam buah-buahan dengan air kelapa dan sedikit gula atau susu sebagai pemanisnya. Selain mudah buat kamu juga bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Itulah beberapa menu berbuka puasa yang dapat kamu buat untuk mendapat asupan gizi yang cukup dan menjaga bentuk tubuh. Selain banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan, menu di atas juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kemudian, kandungan serat pada menu tersebut juga akan membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *