Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Perkembangan motorik anak berkaitan dengan tumbuh kembang gerak seorang anak dan kematangan saraf-saraf otot pada anak. Dimana pada proses ini, dibagi menjadi dua peranan, yakni motorik kasar dan motorik halus.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan motorik pada anak ini memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Oleh karena itu untuk pembahasan kali ini, kita bahas mengenai perkembangan motorik kasar pada anak usia di bawah satu tahun atau rentang waktu 0-12 bulan.

Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-12 Bulan

Motorik kasar adalah perkembangan motorik yang berkaitan dengan aktivitas motorik yang terjadi pada keterampilan otot-otot besar, semisal mengangkat leher, merangkak, duduk, tengkurap, dan lain sebagainya. Perkembangan motorik kasar akan jauh lebih dahulu dan terlihat jika dibanding dengan motorik halus.

  1. Usia 0-3 bulan
  • usia 1 bulan, bayi mulai bisa menggerakkan tangan dan kakinya ke atas. Bunda bisa menstimulasi bayi dengan menggerak-gerakkan tangan dan kaki bayi sambil bernyanyi.
  • usia 2 bulan, sangat dianjurkan merangsang gerak motorik kasarnya. Semisal membaringkan bayi tengkurap, lalu meletakkan mainan yang berbunyi di kanan atau kiribayi, juga bisa diatasnya.
  • Usia 3 bulan, bayi juga sudah mulai bisa menggenggam mainan seperti balok. Bayi bisa distimulasi dengan menggerak-gerakkan kakinya.
  1. Usia 4-6 bulan
  • usia 4 bulan, bayi mulai bisa memiringkan badan baik ke arah kiri maupun kanan. Untuk mempercepatnya, kita bisa menstimulasinya dengan mainan yang kita gerakkan ke kanan dan ke kiri agar di ikuti oleh bayi.
  • usia 5 bulan, bayi sudah mulai bisa menggerakkan tubuh untuk berguling ke satu arah. Kita bisa mambantunya atau mengajarinya dengan berguling agar bayi semakin baik melakukanya. kita juga bisa meragsang bayi agar aktif bergerak dengan mainan.
  • usia 6 bulan, saat usia ini, bayi sudah mulai maki menggemaskan, apalagi bayi sudah mulai bisa diposisikan duduk. Latihlah selalu bayi untuk duduk, supaya ia semakin cepat bisa duduk sendiri
  1. Usia 7-9 bulan
  • Usia 7 bulan, perkembangan motorik anak sudah mencapai kemampuan untuk duduk sendiri dan juga belajar merangkak. Inilah tahap dimana bayi sudah mulai bereksplorasi. Pastikan bahwa lingkungan bayi bereksplorasi aman.
  • Usia 8 bulan. Inilah tahap dimana anak mulai berusaha berpegangan dan mencoba untuk mengangkat tubuhnya supaya berdiri. Meski demikian, umumnya bayi masih belum bisa kembali duduk sendiri.
  • Usia 9 bulan, saat ini bayi sudah belajar berjalan dengan titah. Bayi sudah mampu melangkahkan kedua kakinya dengan cara dipegang kedua tangannya.
  1. Usia 10-12 bulan
  • usia 11 bulan, bayi dapat berdiri sendiri meski dalam waktu yang relatif singkat. Bayi semakin baik mengontrol diri dan memiliki keseimbangan. Perkembanganya sudah mulai pesat.
  • Usia 12 bulan, anak sudah siap berjalan sendiri meskipun masih limbung.

Nah itulah kira-kira perkembangan motorik anak selama masa 0 hingga 12 bulan. Semuanya akan semakin baik jika anak mendapatkan perhatian yang cukup.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *