Pilihan Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

makanan sehat

Saat bayi sudah berusia 6 bulan, MPASI wajib diberikan untuk mendukung perkembangan yang lebih optimal. MPASI atau makanan pendamping ASI ini akan membuat bayi 6 bulan lebih terpenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Kebutuhan nutrisi dan gizi tersebut harus terpenuhi dalam satu makanan bayi 6 bulan yaitu dalam bentuk bubur. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi masih belum maksimal bekerja. Kemudian gigi yang juga masih belum tubuh.

Namun meskipun bayi 6 bulan sudah mulai diberikan makanan pendamping, ASI harus tetap dikonsumsi oleh bayi. Walaupun jumlah konsumsi ASI yang diberikan tidak sebanyak sebelum bayi mengonsumsi makanan pendamping. Makanan pendamping juga harus diberikan secara bertahap, atau lebih tepatnya sedikit demi sedikit. Oleh karenanya memperhatikan konsumsi gizi dalam makanan bayi harus diperhatikan. Dengan begitu dalam sedikit makanan yang diberikan, bayi akan tetap menerima nutrisi lengkap.

Beragam Variasi Bubur Yang Bernutrisi

Mengingat makanan yang dikonsumsi bayi harus mengandung beragam nutrisi yang terpenuhi. Maka bubur untuk bayi 6 bulan haruslah mengandung kandungan gizi yang optimal. Anda tak perlu susah memikirikan apa saja kandungan yang harus dicampur dalam bubur. Kini Nestle sudah mempunyai banyak varian bubur dengan campuran jenis makanan bergizi di dalam satu kemasan.

  1. Bubur Dengan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan gizi yang bermanfaat untuk perkembangan bayi. Terutama sebagai sumber energi, agar bayi lebih aktif. Dengan mencampurkan kandungan karbohidrat dalam bubur maka makanan bayi 6 bulan yang menyehatkan akan terpenuhi dengan baik. Karbohidrat yang baik untuk bayi anda seperti beras putih, beras merah, berbagai sajian sereal, dan juga biji-bijian. Namun anda tak perlu mencampur semua karbohidrat dalam satu santapan bubur bayi. Anda cukup memilih satu varian jenis karbohidrat seperti dalam Nestle Cerelac Bubur Susu Beras Merah.

  1. Bubur Dengan Sayuran Dan Buah-Buahan

Bukan hanya karbohidrat saja yang harus ada dalam bubur bayi. Kandungan vitamin juga sangat diperlukan untuk bayi. Vitamin tersebut adalah yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Hal ini karena sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk perkembangan sel-sel bayi, contohnya jenis Sayuran hijau dan wortel. Salah satu jenis sayuran hijau tersebut adalah bayam. Bayam mengandung vitamin dan zat besi yang dibutuhkan bayi. Begitu juga wortel, kandungan vitamin A akan sangat bagus untuk mata bayi anda. Campuran bayam atau pun wortel ini bisa anda dapatkan dalam satu kemasan bubur susu Nestle. Dengan begitu dalam satu makanan bayi, anda bisa memberikan nutrisi yang optimal.

  1. Bubur Dengan Kandungan Protein

Bayi 6 bulan akan mudah terserang penyakit, apabila antibodi atau sistem imun tak berkembanng baik. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika anda tak memberikan gizi yang dibutuhkan bayi. Gizi tersebut adalah protein. Dengan memberikan protein pada makanan bayi 6 bulan, maka sistem kekebalan tubuh akan terjada optimal. Bukan hanya itu saja, kandungan protein juga membantu metabolisme bayi berkembang. Protein baik untuk bayi anda adalah  yang berasal dari ikan, daging merah, susu, telur, dan ayam.  Anda bisa memilih salah satu kandungan protein yang akan ada dalam bubur bayi. Misalnya anda memilih ayam sebagai protein pada bubur bayi. Nah, anda bisa memberikan bubur bayi dari Nestle yang memiliki kandungan protein ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *