Peduli Keselamatan Diri dengan Memakai Sepatu Safety Terbaik

Memiliki pekerjaan di tempat-tempat yang beresiko seringkali membuat pekerja khawatir akan keselamatannya. Apalagi banyak sekali kasus kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh kesalahan teknis mesin atau bahkan keteledoran pekerja sendiri. Tentu saja hal ini sangat merugikan pekerja lantaran kecelakaan kerja tidak hanya berakibat ringan, namun untuk yang terparah bisa mengakibatkan kematian. Itulah mengapa peralatan keamanan yang memenuhi standar sangat dibutuhkan tiap-tiap pekerja, misalnya sepatu safety, kacamata safety serta helm pelindung.

Sepatu yang memang dikhususkan bagi para pekerja yang bekerja di lingkungan ekstrim dan cukup berbahaya ini memang sangat berperan penting terhadap keselamatan pekerja. Mengingat betapa pentingnya keamanan dalam bekerja, kini seluruh perusahaan yang beroperasi di bidang pekerjaan berat telah mewajibkan setiap pekerjanya menggunakan peralatan keamanan yang disesuaikan dengan standar. Beberapa bidang pekerjaan yang harus mematuhi standar keselamatan kerja diantaranya pekerjaan proyek, batu bara, pertambangan, perminyakan, laboratorium, pengeboran dan bahkan pekerja di restoran.

Berikut ini beberapa alat keamanan yang perlu dipakai dalam proses bekerja, diantaranya:

Alat pelindung kepala:

  • Helm safety: Melindungi kepala dari benda-benda keras, pukulan dan benturan.
  • Tutu kepala: Melindungi kepala dari kebakaran, uap panas dan dingin.
  • Cap: Melindungi kepala dari tangkapan mesin yang berputar atau debu.
  • Topi pengaman umum: Melindungi dari tegangan listrik.

Alat pelindung mata:

  • Kacamata safety: Melindungi mata dari percikan panas dan pengaruh cahaya.

Alat pelindung telinga:

  1. Sumbat telinga: Menahan telinga dari frekuensi daya lindung 25 – 30 dB, meski begitu frekuensi untuk komunikasi tetap bisa terdengar.
  2. Tutup telinga: Melindungi telinga dari frekuensi 2800 Hz sampai 4000 Hz atau bahkan hingga 42 dB.
  3. Terkadang untuk kondisi khusus bisa mengkombinasikan antara sumbat dan tutup telinga agar lebih optimal dalam melindungi gendang telinga.

Alat pelindung pernafasan:

  • Masker: Memberi perlindungan terhadap area pernafasan dari partikel kecil seperti debu, gas dan uap berbahaya.

Alat pelindung tangan:

  • Sarung tangan: Melindungi tangan dari bahaya alat-alat berat. Pekerjaan yang membutuhkan sarung tangan biasanya di area pengelasan, pemotongan, bahan kimia dan mekanik.

Alat pelindung kaki:

  • Sepatu safety: Melindungi kaki dari tusukan benda tajam, mencegah kaki tergelincir dan tahan terhadap arus listrik. Selain itu juga melindungi bagian kaki dari kejatuhan benda-benda berat serta berbahaya.

Alat pelindung badan:

  • Pakaian pelindung: Melindungi tubuh dari api, ledakan, asap, bakteri dan bahan kimia berbahaya.
  • Sabuk pengaman: Melindungi tubuh dari segala kemungkinan terjatuh dari are tinggi seperti pekerjaan konstruksi dan panjat memanjat.

Itulah beberapa alat pelindung diri yang harus dipakai untuk beberapa pekerjaan khusus yang seringkali membahayakan diri pekerjanya. Semua alat keamanan tersebut tidak harus dipakai, namun bisa disesuaikan dengan lingkungan dan kondisi kerja masing-masing. Dengan adanya peralatan keamanan tersebut, diharapkan keselamatan tiap pekerja bisa lebih terjamin.

Meskipun pemerintah telah memberikan informasi terkait keamanan dan keselamatan kerja, namun masih banyak perusahaan dan pekerja yang tidak peduli akan keselamatan dirinya. Kebanyakan perusahaan beralasan, dengan pembelian alat keamanan, maka biaya perusahaan akan membengkak. Padahal keamanan setiap pekerjanya haruslah menjadi prioritas. Bahkan terkadang banyak pekerja yang malas memakai alat pengaman lantaran ribet dan tidak praktis. Itulah mengapa informasi dan pengetahuan terkait penggunaan alat keamanan seperti sepatu safety dan helm safety harus terus disosialisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *