Penyebab Perkembangan Janin Dalam Kandungan Melemah

Pada masa perkembangan janin dalam kandungan, ada masa tertentu yang rawan terjadi keguguran. Terutama saat tri semester awal sampai dengan empat bulan atau 5 bulan. Tergantung juga pada kekuatan rahim ibu yang mengandung. Walau memang secara umum, masa trisemester awal itu sangat rawan terjadi keguguran. Hal ini karena pada masa trisemester, rahim masih dalam keadaan yang lemah dan janin pun demikian. Terbentur sedikit saja, atau salah posisi tidur saja bisa berakibat fatal.

Itulah mengapa, pada masa semester awal atau ditambah satu bulan dokter kandungan pasti menyarankan untuk hati-hati dan jangan terlalu lelah. Berbeda dengan masa-masa setelah semester awal, di mana dokter malah menyarankan untuk beraktivitas. Hal demikian tak lepas dari kondisi kandungan yang berbeda, pada masa setelah tri semester awal kandungan umumnya sudah kuat. Dan aktivitas bertujuan untuk memperkuat janin dan kandungan, termasuk ula untuk menyiapkan proses persalinan agar dapat berjalan secara normal. Tanpa operasi.

Walau demikian, tidaklah dapat dipungkiri ada beberapa hal yang bisa dikategorikan sederhana. Tetapi dapat berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan keguguran walaupun sebenarnya hal tersebut sangat simpel. Terutama ketika masih dalam masa tri semester. Berikut setidaknya beberapa hal tersebut:

  1. Salah posisi tidur

Beberapa posisi tidur sangat tak dianjurkan bagi ibu hamil di masa tri semester. Semisal tidur dalam keadaan tengkurap dapat membahayakan kondisi janin. Bahkan tidur semacamm ini tidak di anjurkan selama masa kehamilan. Jadi anda yang tak biasa tidur selain tengkurap, ada baiknya anda biasakan untuk tak tidur demikian. Sebaiknya anda tidur dalam posisi miring. Pertumbuhan bayi dalam kandungan juga akan terganggu.

  1. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol memiliki sifat yang panas di dalam lambung. Hal demikian nyatanya juga berpengaruh pada kondisi kehamilan. Ada baiknya anda hentikan mengkonsumsi alkohol ketika hamil. Bahkan sebagiknya tidak anda konsumsi walau tidak hamil. Sebab alkohol sangat tak baik bagi kesehatan anda. apalagi janin, selain dapat mengakibatkan keguguran, juga dapat mengganggu masa perkembangan janin dalam kandungan.

  1. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang

Selain dilarang oleh hukum, mengkonsumsi obat-obatan terlarang baik jenis narkobamaupun psikotropika sangatlah tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Hal demikian dapat berimbas pada kesehatan janinnya.

  1. Merokok

Jika anda tidak meninggalkan rokok anda ketika anda hamil, masa perkembangan janin dalam kandungan pasti akan terganggu. Hal ini tak lain karena kandungan rokok yang sulit ditolerir oleh kandungan. Terdapat nikoti di dalamnya.

  1. bahan kimia dalam make up

Sebenarnya, selain ketika andahamil kulit anda juga semakin sensitif, kandungan anda juga demikian. Bahkan bahan kimia yang terkandung dalam make up, sabun mandi, shampoo dan lain sebagainya dapat mengganggu pertumbuhan janin ibu hamil. Termasuk juga dapat menyebabkan keguguran.

Yups, itulah 5 hal yang sederhana dalam menjaga sang ibu hamil agar dapat melahirkan sang buah hati dengan sehat dan selamat. Hal tersebut tentu harus kita perhatikan agar tidak terjadi berbagai hal yang di inginkan bukan? Tentu kita pernah mendengar disekitar kita beberapa orang yang mengalami hal tersebut. Nah oleh karena iu, kita harus menghindari berbagai hal yang bisa membuatĀ keguguran dan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Ada baiknya anda hati-hati pada hal-hal tersebut. Selain itu kita juga harus memberikan nutrisi yang terbaik, untuk membantu proses persalinan lebih terjaga dan kelahiran bayi yang selama 9 bulan ditunggu menjadi sebuah kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *