4 Cara Mencegah Gigi Berlubang dan Kelemahanya

Ada banyak cara mencegah gigi berlubang secara alami. Tergantung mana yang paling cocok dan bisa nan mudah anda lakukan. Masing-masing bisa anda lakukan secara alamiah, atau menggunakan bantuan bahan – bahan dari alam. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam ciptaan tuhan untuk melakukanya. Mulai bahan yang mudah anda temukan hingga cukup sulit. Seperti misanya mengunyah apel, menggosokan kulit jeruk dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, gigi berlubang bisa disebabkan oleh bakteri yang menempel pada gigi. Biasanya bakteri tersebut menempel pada karang gigi akibat sisa-sisa manakan. Terutama makanan yang mengandung tepung. Misalnya keripik singkong, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Jadi cara paling sederhana untuk menghindari gigi rusak adalah menghilangkan sisa-sisa makanan. Itulah mengapa para dokter menyarankan untuk sikat gigi setelah kita makan. pertanyaanya, apakah hanya dengan menggosok gigi akan mampu menghilangkan sisa makanan? Atau menghilangkan karang gigi? Nyatanya tidak demikian.

Banyak sisa makanan yang masih terdapat dalam gigi-gigi bagian dalam. Terutama bagian yang tersembunyi. Apalagi bagi anda yang memiliki kondisi gigi tak rata. Kebanyakan sisa makanan akan tersembunyi. Bahkan sikat gigi nyatanya tak dapat menjangkaunya secara sempurna.

  1. Baking Soda

Salah satu cara mencegah gigi berlubang paling mudah paling mudah dan cepat adalah menggunakan soda. Soda yang digosokkan pada gigi akan secara efektif membersihkan karang gigi dan memutihkanya. Hal ini tak lain karena sifat soda yang mampu mengikis permukaan gigi. Bahkan karang gigi yang telah lama menempel pada bagian gigipun, sangat mudah untuk di bersihkan. Gigi yang bersih dari karang akan menghindari gigi berlubang.

Yang menarik pula, menggunakan soda tak butuh waktu lama untuk menciptakan gigi menjadi putih. anda cukup menggosokkan dan hasilnya langsung terlihat. Hanya saja, dalam menggunakan baking soda, jangan sampai tertelan. Sebab tak baik bagi kesehatan anda.

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk bagian dalam juga dapat digunakan untuk menjadikan gigi bebas lubang. Bahkan ia mampu menjaga gigi agar terhindari dari keropos. Kemampuan kulit jeruk bagian dalam untuk mencegah gigi bebas lubang tak lain karena ia ammpu membersihkan karang gigi. Karang gigi adalah tempat kuman gigi bersarang. Jika gigi bebas dari karang gigi, ia juga akan terhindar dari berlubang.

Cara penggunaanya juga sangat sederhana, anda hanya cukup mengambil beberapa kulit jeruk lalu anda gosokkan saja pada bagian gigi yang berkarang. Ulangi beberapa kali, hasilnya akan terlihat. Tetapi memang anda harus perhatikan, bahwa kulit jeruk punya rasa yang sangat pahit. Jadi anda harus hati-hati dalam penggunaanya, jangan sampai menghisap cairanya. Meskipun memang sulit untuk menghindarinya.

  1. Makan buah Apel

Cara paling menyenangkan dalam mencegah gigi berlubang adalah memakan buah apel. Mengapa demikian? Sebab ketika makan buah apel, sisa-sisa makanan akan ikut terlepas. Jadi bisa dipastikan gigi anda bebas dari lubang. Itulah mengapa untuk makan buah apel sebaiknya langsung digigit saja. tampa membelahnya. Hanya saja, untuk hasilnya tidaklah begitu maksimal. Tetap ada sisa makanan yang tersisa.

  1. Rajin Gosok Gigi

Cara paling umum memang dalam menghindari gigi keropos adalah dengan menggosok gigi. Ada baiknya anda menggosok gigi satu jam setelah makan. Jangan langsung gosok gigi setelah makan. hal tersebut akan menghilangkan kandungan makanan. Hanya saja pada bagian tertentu, seperti pada bagian gigi paling dalam biasanya tak terjangkau.

Dari empat cara mencegah gigi berlubang di atas, masing-masing memiliki kelemahan. Anda bisa menyempurnakanya dengan berkumur menggunakan listerine agar tujuan anda menghindari gigi berlubang makin manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *