Cara Mendidik Anak Secara Islami

Anak islami

Anak merupakan anugerah terindah dari Allah SWT, maka sepatutnya kita menjaga dan mendidik anak dengan teladan dan akidah yang sesuai syariah. Namun tak jarang karena perkembangan jaman yang semakin maju, membuat banyak orang tua melupakan hal tersebut. Dengan pengaruh asing yang semakin besar dari berbagai media sosial maupun tayangan televisi, mendidik anak menjadi hal yang ikut terpengaruh budaya asing. Seperti membebaskan anak jika sudah berumur diatas 17 tahun tat kala tak dapat terhindarkan diterapkan oleh beberapa orang tua di Indonesia. Padahal hal tersebut tak sesuai dengan syariah islam dan juga tradisi yang ada di Indonesia. Jika anda dan pasangan anda ingin anak anda menjadi anak yang sholeh dan sloheah serta selalu patuh terhadap orang tua maka anda bisa menerapkan metode mendidik anak berikut secara islami.   

  • Menumbuhkan Keimanan Dan Akidah Dalam Diri anak

Membuat anak menjadi anak yang soleh dan solehah bukanlah hal yang mudah, anda harus menrapkannya sejak anak masih kecil. Hal itu dikarenakan agar anak terbiasa dengan ajaran yang sesuai syariat. Menumbuhkan keimanan pada anak bisa anda lakukan dengan membuat anak menyadari bahwa Allah adalah sang pencipta dan wajib hukumnya untuk beriman kepadaNya. Dengan mengajarkan membaca Alquran dan artinya sejak dini maka anak akan menyadari bahwa apa yang ada di Alquran harus dipatuhi dan dijauhin laranganya. Anda juga harus sudah mengharuskan anak anda untuk solat 5 waktu dan jangan sampai tertinggal. Oleh karena itu, pentingnya anak memiliki jam tangan agar selalu memperhatikan waktu solat.

  • Memberikan Keteladanan Bagi Anak

Anak adalah peniru yang handal, maka segala sesuatu akan ditiru oleh anak. Orang tua adalah orang yang paling sering akan ditiru oleh anak. Oleh karena itu wajib hukumnya orang tua untuk memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya. Jika anda memarahi anak anda, sebelumnya anda harus bercermin apakah anda sudah menjadi orang tua yang baik bagi mereka. Anda harus selalu menunjukkan teladan yang baik dan jangan pernah lelah untuk mengajari anak anda. Misalnya anda dan pasangan jangan menunda solat sehingga anak anda akan terbiasa langsung solat ketika mendengat suara adzan.

Dalam mendidik anak, Anda bisa menerapkan system reward and punishment. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali, terlebih anak yang masih senang dengan berbagai hadiah yang diberikan akan memacu semangat anak. Pemberian hadiah pun harus sewajarnya dan bermanfaat, misalnya dengan memberikan anak jam tangan pria agar anak terlatih disiplin dalam soal waktu.

  • Memberikan Anak Kesempatan Untuk Memperbaiki Kesalahan

Metode yang satu ini sangat wajib untuk diterapkan dalam mendidik anak. Hal ini dikarenakan anak akan belajar dari kesalahan yang sudah diperbuat dan akan berusaha untuk menggapai keberhasilah. Namun yang harus anda ingat, anda harus selalu memberi tahu apakah kesalahan mereka dan jangan menyalahkan anak atas apa yang sudah diperbuatnya. Dengan menerapkan metode ini maka ketika anak anda dewasa, anak anda akan selalu  belajar dari kesalahan dan tidak mudah menyerah. Yang paling penting dalam metode ini adalah anda dan pasangan jangan sampai menuduh dan membuatnya menjadi seorang tersangka jika anak anda membuat kesalahan. Usahakan untuk selalu menasehati mereka dengan perlahan sebab dan dampak yang terjadi dari kesalahan yang mereka lakukan sehingga anak akan mengerti kesalahan apa yang mereka sudah lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *