Inilah 4 Penyebab Sulitnya Meminta KTA Dan Solusinya

bisnis

Dengan adanya kredit tanpa agunan atau biasa kita sebut dengan sebutan KTA memang seringkali dijadikan salah satu solusi paling baik untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat. Dimana dana pinjaman tersebut seringkali dijadikan sebagai solusi paling tepat bagi mereka yang memang sedang membutuhkan dana pinjaman untuk keperluan membuka sebuah usaha, sehingga membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga harus mengajukan kredit. Ada pula beberapa orang yang untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau justru untuk membayar hutang kepada pihak yang tidak ada agunannya, sehingga mereka memilih untuk mencari bantuan dana lewat kredit tanpa agunan. Terlebih untuk melakukan kredit tanpa agunan ini pada dasarnya bisa dibilang cukup mudah dan syaratnya tidak begitu sulit bahkan sekarang anda bisa mangajukan KTA via online yaitu melalui Taralite.com. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga bila kadangkala justru yang dianggap tidak sulit justru menyulitkan diri Anda sendiri dalam mengajukan dana pinjaman kredit tanpa agunan ini. Biasanya beberapa calon peminjam dana begitu tidak memperhatikan beberapa hal hingga akhirnya berakibat fatal dan membuat mereka ditolak mentah – mentah oleh pihak bank disaat mereka sedang mengajukan kredit tanpa agunan.

Alasan Pengajuan KTA Ditolak

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang seringkali ditolak dan menjadi penghalang kenapa orang menjadi kesulitan saat akan membuka kredit tanpa agunan, namun sayangnya tidak begitu diperhatikan oleh pihak calon peminjam, sehingga dimanapun mereka mengajukan dana pinjaman KTA selalu ditolak, antara lain:

Dokumen Dan Fraud

Memang beberapa orang tidak begitu memperhatikannya, namun dokumen dan fraud adalah 2 hal yang tidak boleh dilupakan ketika akan membuka KTA. Justru kedua hal tersebut sangat berpengaruh sekali terhadap penolakan pembukaan pengajuan kredit. Banyak calon peminjam dana justru tidak begitu memperhatikan hal ini dan menganggap bahwa dokumen dan fraud adalah dua hal kecil yang tidak penting. Padahal beberapa hal yang berkaitan dalam fraud berupa pemalsuan informasi dan pemalsuan data dari calon peminjam dana dan dokumen yang diberikan untuk memenuhi persyaratan dari pihak calon peminjam dana. Sementara berbicara tentang kenapa dokumen Anda bisa ditolak itu adalah karena dokumen yang Anda kumpulkan untuk memenuhi persyaratan di awal peminjaman kurang jelas. Karena biar bagaimanapun juga Anda harus tetap memperhatikan tentang beberapa fotokopi dokumen yang dilampirkan supaya bisa dibaca dengan jelas. Misalnya saja seperti fotokopi dari identitas Anda. padahal fotokopi identitas tersebut harus jelas nomor identitas, foto, dan alamatnya juga harus jelas. Karena itulah sebelum Anda mengajaukan kredit tanpa agunan, sebaiknya perhatikan tentang dokumen dan fraud untuk memudahkan proses pinjaman yang Anda lakukan.

Kredit Yang Buruk

Bila sebelumnya Anda sudah menggunakan kredit, maka bila Anda sering membayar cicilan kredit dengan menunggak, ini juga menjadi salah satu penghalang untuk Anda ketika Anda ingin mengajukan permintaan dana KTA. Karena bila Anda membayar kredit hingga menunggak selama 2 bulan beruntun, hal ini akan membuat history kredit Anda menjadi buruk. Terlebih bila sebelumnya Anda pernah bermasalah pada salah satu bank dengan masalah pembayaran dana. Tentu saja ini akan membuat Anda tercatat dalam data blacklist. Dan tentu dengan catatan data yang buruk tersebut membuat Anda harus memerlukan waktu yang lama untuk membuat status bad credit Anda menjadi kembali baik, meskipun masalah yang Anda jalani sudah usai.

Kegagalan Ketika Melakukan Verifikasi Data

Kegagalan yang dimaksudkan disini adalah ketika pihak bank tidak dapat mendapatkan data informasi seperti yang tertulis pada form aplikasi yang telah Anda ajukan. Data informasi yang dimaksud tersebut meliputi data pribadi lengkap Anda, data pendapatan Anda, dan data tentang kerabat dekat Anda. Ini penting karena hal tersebut bisa digunakan sebagai cara untuk menghubungi Anda bila Anda tidak menjawab panggilan dari pihak bank. Selain hal tersebut, masalah tentang pendapatanpun juga penting dalam pengajuan KTA. Biasanya pihak bank yang bersangkutan akan menghubungi bagian HRD atau bagian keuangan dari kantor tempat Anda bekerja untuk diminta konfirmasi tentang pendapatan dan status Anda dalam perusahan tersebut. Bila dalam mencari informasi tentang Anda tersebut bank merasa kesulitan, hal ini akan membuat pengajuan dana pinjaman Anda bisa ditolak. Begitu juga bila disaat Anda dihubungi Anda tidak pernah menjawab, dan bank juga sulit menghubungi pihak kerabat dekat Anda, tentu ini juga akan membuat pengajuan dana Anda menjadi ditolak. Karena itulah disarankan sekali untuk menuliskan lebih dari 1 nomor telp yang bisa dihubungi dari kerabat Anda.

Penggunaan Kartu Kredit Dan Jumlah Pinjaman

Bila Anda menggunakan kartu kredit di atas 70% dari batasan limit yang ditentukan oleh kartu Anda, ini juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa pengajuan KTA Anda bisa ditolak oleh pihak bank yang terkait. Terlebih bila kartu kredit Anda sekarang sudah over limit. Tentu saja besar kemungkinan meskipun pinjaman Anda disetujui oleh pihak bank, namun jumlah pinjaman yang diberikan tidak akan seperti dengan nominal yang telah Anda ajukan. Dan tentu saja pembayaran kartu kredit pada tiap bulannya juga menjadi salah satu perhatian dari credit analyst. Bila Anda sering membayar kartu kredit  dengan terlambat pada tiap bulan dengan minimum pembayaran, itu akan membuat penilaian kredit Anda menjadi buruk. Selain itu, bila Anda tidak begitu memahami tentang tata cara dari bagaimana mengajukan dana sesuai dengan kebutuhan itu juga akan membuat permintaan Anda ditolak. Karena itulah sebaiknya konsultasikan jumlah dana yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan pinjaman Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan persutujuan dana pinjaman.

Solusi Mengatasi Pengajuan Dana KTA Ditolak

Sebenarnya mudah untuk membuat pengajuan dana KTA Anda bisa segera disetujui. Yaitu selalu cermati tiap dokumen yang Anda lampirkan, cek limit kartu kredit Anda dan selalu rutin dalam membayarnya tepat waktu, selalu jujur dalam mengisi form aplikasi. Bila perlu konsultasilah pada orang yang jauh lebih paham tentang aturan kredit tanpa agunan sebelum Anda menentukan bank mana yang ingin Anda ajukan dana. Dan sebaiknya ajukan dana dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga hal tersebut tidak akan menyulitkan Anda nantinya ketika Anda akan membayar kredit tersebut.

Yang pasti, jangan pernah menjadikan apa yang Anda ajukan atau tangguhkan untuk pinjaman tersebut menjadi hal yang justru menyulitkan Anda sendiri, bahkan hanya akan menghilangkan kesempatan Anda supaya mendapat bantuan pinjaman uang tersebut. Karena itulah jangan pernah ragu untuk mencari semua informasi tentang bank yang terkait dan bila perlu tanyakan semua hal berkaitan dengan ketentuan pengajuan dana pinjaman kepada pihak bank, sehingga Anda bisa benar – benar memahami peraturan tentang KTA yang ditetapkan oleh pihak bank tersebut. Dengan begitu baik dari pihak Anda ataupun dari pihak bank menjadi tidak ada yang dirugikan dan saran dari saya jika pengajuan KTA anda berhasil gunakan dengan bijak, bisa untuk merealisasikan ide bisnis anda atau membuka usaha Bisnis Waralaba yang menjajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *