Tips Mengusir Serangga Secara Alami

lalat tse tse

Berbagai macam serangga seperti nyamuk, semut, atau lalat sering sekali membuat kondisi rumah menjadi tak nyaman karena berbagai gangguan yang disebabkan serangga ini. Ada banyak produk yang menjual berbagai pembasmi serangga yang terjual yang mungkin biasa kita gunakan untuk mengusir serangga-serangga tersebut. Namun apakah bahan kimia yang terkandung didalamnya aman? Kita tak pernah tahu karena mungkin saja baha-baha tersebut dapat membahayakan diri kita. Apalagi jika ada anak kecil yang sering memegang apapun atau memakan apapun. Oleh karenanya ada baiknya jika kita mengusir serangga-serangga tersebut dengan bahan-bahan yang alami yang tentunya tak akan membahayakan diri kita dan keluarga. Berikut bahan-bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengusir atau bahkan dapat membunuh serangga-serangga tersebut.

  1. Lalat

Lalat adalah serangga terbang yang sering menghigapi makanan. Serangga terbang ini menghinggapi makanan tersebut dengan meninggalkan telur atau inangnya. Tentunya jika makanan yang telah dihinggapi lalat tersebut dapat sangat membahayakan tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Ada cara alami yang dapat anda gunakan di rumah untuk mengusir lalat yaitu salah satunya dengan cengkeh. Lalat sangat tidak suka terhadap bau cengkeh. Anda bisa menaruh cengkeh dalam wadah dan taruh dekat ruangan atau dapur yang sering dikunjungi lalat. Cara lainnya anda dapat menggunakan daun pandan. Lakukan hal yang sama yaitu iris daun pandan dan masukkan dalam wadah kemudian taruh di dekat makanan agar lalat tak datang.

  1. Semut

Serangga kecil yang satu ini pasti tak pernah absen dari rumah anda ya. Apalagi jika ada makanan manis berada di ruangan anda. jika mungkin selama ini anda menggunakan kapur untuk menghilangkan semut. Maka anda dapat meninggalkan cara itu dengan mengunakan bahan alami seperti perasan jeruk lemon, atau air cuka untuk mengusir semut. Anda bisa membagi dua jeruk lemon kemudian peras jeruk lemon dan masukkan air perasan jeruk lemon ke dalam boto semprot dan semprotkan ke semut yang mengganggu atau jalan yang sering digunakan semut. Cara lainnya adalah dengan air cuka, anda bisa manaruh air cuka ke dalam botol semprotan lalu semprotkan air cuka ke jalan yang sering dilalaui semut.

  1. Lebah dan Tawon

Lebah dan tawon merupakan serangga yang paling mungkin kita waspadai karena jika serangga tersebut sudah menyengat maka akan menyebabkan badan kita bengkak dan terasa sakit. Apalagi kita sudah mengganggu sarangnya, ratusan lebah bisa keluar dan menyerang kita. Namun anda tak perlu khawatir jika lebah dan tawon bersarang di rumah anda. untuk mengusir tawon anda bisa menunggu waktu malam tiba ketika tawon kurang aktif berada di sarangnya. Lalu yang anda lakukan yaitu mengetuk sarang tawon dengan sapu lalau menjatuhkannya hingga pecah. Maka dapat dipastika tawon tidak akan kembali lagi ke rumah anda. kemudian untuk mengusir lebah yang bersarang di halaman rumah anda. anda dapat mengusir lebah yang bersarang di tanah tersebut dengan menggunakan mangkuk besar dengan meletakkannya di lubang tanah yang menjadi sarang lebah. Tutup sarang lebah itu kurang lebih selama dua minggu.

  1. Nyamuk

Serangga terbang yang sering membuat telinga kita berisik ini bisa sangata membahayakan jika jenisa nyamuk tersebut adalah nyamuk aedes aegypti. untuk menghindari nyamuk bersarang di rumah kita dapat mengusir nyamuk dengan tanaman lavender yang ditaruh di dalam rumah atau di sekeliling rumah. Hal lainnya yang dapat kita lakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan minyak serai. Caranya adalah dengan menuangkan beberapa tetes minyak serai ke dalam ember dengan sedikit air lalu aduk keduanya kemudian gunakan campuran minyak serai dan air untuk mengepel lantai. Lakukan hal ini lebih sering agar nyamuk tidak datang karena nyamuk sangat tidak suka terhadap bau yang dikeluarkan serai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *